Selasa, 13 September 2016

Daging Qurban Reborn: Kolesterol Bos!

Alhamdulillah, nyampe lagi deh usia kita ke Idul Adha tahun ini. Ngomongin Idul Adha pasti kita ga bakalan bisa lepas dari tema daging qurban. Yang qurban ataupun yang tidak qurban pasti kebagian, iya gak? Ada daging sapi, ada daging kambing.

Digimanain tuh daging qurbannya? Berbagai menu olahan daging qurban pasti sudah direncanain bagi si penerima daging. Ada yang disate, disop, direndang, digulai, kemudian dimakan. Hehehe…

kolesterol
Sate. Salah satu menu yang dipilih sebagai olahan daging Qurban/Photo: Ahmad
Setelah puas menyantap makanan dengan aneka menu daging, hal selanjutnya yang akrab menghampiri adalah isu kolesterol  yang siap menyerang. Bagi Anda yang tidak memiliki riwayat kolesterol mungkin tidak perlu khawatir, tapi bagaimana dengan Anda lainnya yang memiliki potensi atau malah telah mengidap kolesterol? Tentunya ini membuat khawatir.

Daging Penyebab Kolesterol?
Menurut yang saya baca, memakan daging sebenarnya bukan satu-satunya yang menyebabkan kolesterol, cara memasaknyalah yang bisa memicu terjadinya kolesterol. Kita tahu masakan Indonesia adalah masakan yang banyak menggunakan rempah dan santan, terutama jika berbahan dasar daging. Nah, itulah yang bisa menyebabkan kolesterol, di samping pola hidup juga.

Daging penyebab kolesterol?/Photo: Ahmad
Padahal daging justeru memiliki kandungan kolesterol  paling rendah jika dibandingkan dengn bagian tubuh lainnya.

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin dalam tubuh  yang sebagian besar ada di hati dan sebagian lainnya ada pada makanan. Kalau kita sudah terkena kolesterol maka bisa mengakibatkan penyakit lain yang lebih serius, misalnya stroke dan jantung. 

Ada baiknya bagi Anda yang memiliki potensi kolesterol untuk bisa menjaga nafsu ketika menghadapi makanan berbahan dasar daging. Usahakan untuk memakan satu jenis tipe olahan saja, misalnya kalau sudah ngambil sate jangan terus diguyur dengan gulai, terus dicampur lagi dengan sop. Wah, sudahmah kemaruk, potensi kolesterolnya juga besar.  Ayooo, siapa tuh hehehe…

Cara Menurunkan Kolesterol
Berbicara kolesterol sebenarnya tidak melulu masalah makanan, tapi juga menyangkut pola hidup. Orang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat atau tidak teratur memiliki peluang lebih besar untuk terkena kolesterol.

kolesterol
Bijak dalam memilih menu, jangan semua dipilih/Photo: Ahmad
Olahraga teratur adalah salah satu aktifitas yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Dengan kita berolahraga rutin akan menimbulkan peningkatan high density lipoprotein (HDL), yaitu semacam kolesterol baik yang ada dalam tubuh kita.

Selain perbaikan pola hidup dan #olahraga teratur, biasanya kita mengkonsumsi obat yang bisa menurunkan kolesterol dengan waktu cepat. Di toko obat atau apotek banyak dijual berbagai macam merek obat penurun kolesterol.
Baca Juga Ya: Sehat dan Bahagia dengan Berlari
Saran saya belilah obat penurun kolesterol yang berbahan dasar alami. Obat dengan bahan dasar alami biasanya aman dan tanpa efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia.

Ada beberapa bahan alami yang memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita, diantaranya adalah daun pegagan, mengkudu, mahkota dewa, madu, temu lawah, kayu manis, dan gula aren.

Jika kita malas membuatnya, jangan khawatir, bahan-bahan tadi sudah ada yang versi jamunya. Jamu penurun kolesterol yang telah dikemas secara praktis. 

Tinggal beli ke apotek, minum secara teratur, perbaiki pola hidup, dan rutin berolah raga. Insya Allah sehat!

Kesimpulan
Berhentilah menyalahkan daging qurban sebagai biang kolesterol.

Ternyata kolesterol itu tidak melulu dikarenakan daging. Ini penyakit lebih ke pola hidup yang tidak teratur. Asal kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging, rajin berolahraga, dan konsisten dengan pola hidup sehat maka potensi kolesterol akan bisa diminimalisir.

So, masih ada satenya? Sikaaat!!








6 komentar:

  1. Iganya itu loh, ngagolosor di kerongkongan :D

    BalasHapus
  2. nepi kaimah di suguhi menu yang sama utk makan malam, minumanya soda susu mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Abu Raya: wuiihhh, pantesan baca di Detik, ada gempa lokal di daerah Baleendah :-D

      Hapus

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

WAJIB TAHU! INILAH CARA MENGETAHUI MADU YANG ASLI

Cara membedakan madu yang asli Meski madu bisa dibeli di banyak tempat, nyatanya tidak semua madu yang ditawarkan adalah madu asli. Banyak o...