Sabtu, 01 Oktober 2016

4 Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

4 Manfaat kopi - tuturahmad.com

tuturahmad.com - Bagi sebagian orang minum kopi adalah salah satu cara dalam mengusir kantuk dan penat, minuman kopi di pagi hari sebagai penghangat badan, minuman pasangannya rokok, dan minuman tanda persahabatan.

Orang-orang yang biasa kerja lembur atau bertugas di malam hari biasanya sangat akrab dengan minuman yang satu ini. Berbagai macam alasan yang jadi sebab kecanduannya minum kopi. Kopi menghilangkan kantuk, bikin seger, tambah energi, dan menenangkan.


Efek Kafein
Secara teori, kopi memang bisa membuat kita lebih berenergi. Zat aktif yang terkandung dalam kopi, yaitu kafein, bersifat stimulant bagi sistem saraf. Hal ini berhubungan dengan peningkatan fokus dan kepekaan.

Selain itu, kafein juga dapat membantu dalam proses pelebaran pembuluh darah dan pembakaran lemak. Makanya, banyak obat pelangsing badan yang mengandung kafein di dalamnya.

Baik Diminum Sebelum Olahraga
Selain dipercaya dapat mengusir rasa kantuk, akhir-akhir ini ada penelitian yang menyatakan kopi memiliki khasiat bagi kesehatan jika diminum sebelum olahraga.

Seperti dilansir news.health.com meminum kopi menjelang olahraga memiliki beberapa khasiat, di antaranya,

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sirkulasi darah pada orang yang meminum kopi berkafein sebelum olahraga mengalami peningkatan sebesar 30% selama 75 menit daripada mereka yang tidak minum kopi.

2. Mengurangi Rasa Nyeri. Sebuah penelitian di University of Illinois menemukan fakta bahwa ketika kita meminum dua hingga tiga cangkir kopi satu jam sebelum berolahraga dengan intensitas tinggi maka dapat mengurangi nyeri otot akibat kelelahan. Ini menunjukkan bahwa kafein mampu mendorong ketahanan otot dan mengurangi ketegangan otot.

3. Mempertahankan Keremajaan Otot. Kafein memiliki sifat antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan otot dan menghindari penuaan berlebih pada otot sehingga otot lebih bugar dan terhindar dari resiko cedera setelah berolahraga.

4. Makanan Bagi Otot. Kombinasi antara karbohidrat dan kafein menghasilkan peningkatan 66% pada glikogen otot empat jam setelah olahraga. Glikogen adalah bentuk karbohidrat yang disimpan dalam otot yang berfungsi sebagai energi cadangan selama dilakukannya olahraga, dan dapat menyuplai energi bagi tubuh.

Bagi Anda yang senang berolahraga ada baiknya mencoba info ini, minumlah secangkir kopi satu jam menjelang olahraga. Tapi ingat, jangan berlebihan ya, sebab apapun jika dilakukan dengan berlebihan akan berakibat buruk. Dan jangan lupa tetaplah berolahraga secara teratur.

Nah, sudahkah Anda minum kopi hari ini?






6 komentar:

  1. Ini kayaknya manfaat kopi dari manual brewing, kali, ya; kopi dari biji kopi yang digiling dengan tingkat kehalusan tertentu. Kalau kopi sachet dengan kadar krim dan gula yang lebih tinggi, belum tentu manfaat seperti yang dijabarkan bisa kita dapatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu Pak Koko, dalam jurnalnya tidak disebutkan sih apakah kopi asli atau sudah kemasan. Tapi memang bagusnya kopi asli ya. Saya juga sekarang sedang membiasakan minum kopi asli, yg digiling dan tanpa gula. Secara saya kan udah manis hehehe

      Hapus
  2. Tipsnya bermanfaat sekali, cocok kalau mau Bultang neh

    BalasHapus

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

WAJIB TAHU! INILAH CARA MENGETAHUI MADU YANG ASLI

Cara membedakan madu yang asli Meski madu bisa dibeli di banyak tempat, nyatanya tidak semua madu yang ditawarkan adalah madu asli. Banyak o...