Minggu, 23 Oktober 2016

Bisnis Kafe Bisnisnya Anak Muda

bisnis kafe bisnisnya anak muda
Siapa bilang sukses hanya bisa diraih oleh orang tua atau bapak-bapak? Kalau 10 sampai 15 tahun yang lalu mungkin benar adanya. Tapi saat ini telah banyak para wirausahawan sukses yang datang dari kalangan muda.

Tren anak muda berbisnis sudah meningkat pesat. Keinginan untuk memulai usaha di usia muda di dukung oleh beberapa factor, diantaranya sulit mendapatkan pekerjaan formal, pesatnya perkembangan teknologi informasi, ilmu wirausaha yang mudah didapat, pemasaran bisnis yang lebih mudah, dan pandangan yang menganggap wirausahawan lebih bergengsi.
Anak muda yang gaul adalah anak muda yang berani memulai usaha yang membuat mereka sukses dan mapan secara ekonomi. Anak muda yang berorientasi bagaimana menghasilkan uang, bukan lagi bagaimana menghabiskan uang.
Hasil survey yang dilakukan Kauffman Foundation setidaknya bisa dijadikan indikasi pergerakan semangat berbisnis kawula muda. Manurut Kauffman Foundation keinginan remaja dan anak muda untuk memulai bisnis mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari 19 persen jadi 25 persen.


Salah satu peluang usaha yang banyak digandrungi kaum muda adalah bisnis kafe. Jika kita lihat di kota-kota besar semisal Jakarta, Bandung, Yogya, Surabaya, dan lainnya, keberadaan kafe begitu menjamur. Mulai dari pusat-pusat perbelanjaan sampai pertigaan jalan banyak terdapat kafe. Dari yang mewah dan mahal seperti Starbucks Coffee sampai yang sederhana ala warung kopi khas Kuningan.

Menurut Asosiasi Pengusaha Kafe Restoran Indonesia (Apkrindo) di Jakarta ada lebih dari 300 kafe yang beroperasi. Di Surabaya misalnya, pertumbuhan bisnis kafe melonjak sebesar 15-20%, dan terus meningkat. Belum lagi di Bandung, Makasar, Solo, Yogyakarta dan kota-kota lainnya. Ini jadi bukti bahwa bisnis kafe sangat menjanjikan.
bisnis kafe bisnisnya anak muda
Kafe pertumbuhannya bak jamur di musim hujan.
Menilik sejarahnya, kata Kafe berasal dari bahasa Perancis yaitu café, artinya coffee yang dalam bahasa Indonesia berarti kopi. Istilah ini pertama kali muncul di Inggris pada abad ke 18. Kopi pertama kali masuk ke benua Eropa pada tahun 1669.

Pada perkembangannya, kafe tidak hanya menjual kopi tapi juga menjual aneka makanan dan minuman lain, baik lokal, internasional bahkan tradisional. Fungsi kafe pun bergeser dari sekedar tempat ngopi menjadi tempat nongkrong, kongkow, dan bergaul masyarakat perkotaan, terutama kaum muda. Perlahan namun pasti, acara ngopi di kafe telah menjadi gaya hidup. Dari sinilah peluang bisnis kafe terbuka.


Bisnis kafe, saya rasa sangat cocok untuk anak muda yang mencoba mencari peluang usaha. Karena sebagaimana telah diterangkan di atas, keberadaan kafe selalu identik dengan anak muda. Baik sebagai tempat makan, nongkrong, atau pertemuan sebuah komunitas. Saya kebetulan tinggal di Bandung, dan beberapa kafe yang pernah saya singgahi semua dikelola oleh anak muda.
Hal lain yang menyebabkan bisnis kafe cocok untuk anak muda adalah karena anak muda biasanya memiliki pemikiran, konsep atau ide-ide yang cukup kreatif dalam upaya menggaet konsumen terutama dari sesama anak muda. Hal ini bisa diaplikasikan lewat dekorasi ruangan, variasi makanan, gaya pemasaran, dan lain sebagainya.

Perkembangan kafe yang pesat dan cenderung mengikuti mode juga hanya bisa diikuti oleh anak muda. Kedekatan anak muda dengan sumber informasi baik melalui komunitas ataupun internet memungkinkan mereka untuk cepat menangkap tren terbaru dunia kuliner dan cepat pula menerapkannya dalam bisnis. Perilaku ini tentunya berbeda dengan kebiasaan para orang tua yang cenderung tradisional dalam menjalankan bisnisnya.


Bisnis kafe meskipun sangat menjanjikan tapi bukan berarti mudah, semudah menyeduh kopi di cangkir. Sekecil apapun bisnis kafe yang akan kita jalankan tetaplah itu adalah sebuah bisnis. Tujuan dari bisnis adalah mendapat keuntungan, untuk itulah kita bisnis.

Bisnis kafe adalah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus kita perhitungkan. Ketika memutuskan hendak memulai usaha dengan bisnis kafe setidaknya ada 6 hal yang mesti diperhatikan benar.

Rencana Bisnis. Jangan asal buka, asal gelar lapak. Buatlah rencana bisnis atau business plan yang baik ketika memutuskan membuka bisnis kafe. Rencana bisnis seperti apa yang mesti dibuat ketika membuka kafe? Yang harus dipikirkan dalam Rencana Bisnis adalah bentuk kafe, tipe konsumen atau pasar, keuntungan atau laba, riset competitor, upaya pengembangan, dan antisipasi resiko.

Konsep Sebuah Kafe. Zaman sekarang semua lini bisnis mesti terkonsep. Mekipun masih muda dan mentah dalam pengalaman, memulai sebuah bisnis mutlak harus dengan konsep. Sebuah bisnis tanpa konsep sama saja dengan seorang manusia yang tidak memiliki nama. Tidak beridentitas dan  khas. Buatlah konsep yang jelas untuk kafe yang akan dibuka. Kejelasan konsep sangat berkaitan dengan bentuk bangunan, interior, dan target market kafe. Kreatifitas sebagai anak muda bisa disalurkan di sini.
bisnis kafe bisnisnya anak muda
Rencanakan dengan baik setiap langkah yang akan diambil
Interior. Jika konsep kafe sudah terbentuk akan memudahkan dalam menentukan interior kafe. Interior yang terkonsep akan menarik dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Kursi, meja, dekorasi, dan interior lainnya harus sesuai dengan konsep yang sudah dibuat.

Carilah kursi, meja atau interior lainnya yang bagus sebagai bagian dari interior kafe yang berkualitas. Bisa dengan pesan khusus ke mebel atau searching di internet.  Di internet banyak toko online atau marketplace yang menjual interior dan furniture untuk kafe. Salah satunya Ralali B2B Marketplace. Semua koleksinya bisa dilihat di ralali.com

Masalah Modal. Sekecil apapun usaha yang coba kita buka tetaplah memerlukan modal. Modal memiliki peranan penting dalam usaha kita memulai bisnis.

Salah satu kendala klasik bagi pebisnis pemula seperti kita adalah keterbatasan modal. Bagi kamu yang modalnya gede tentu ini tidak menjadi masalah, tapi gimana bagi yang modalnya sedikit? Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan jika kamu tetap ingin membuka kafe tapi modalnya cekak.  
Pertama, cari partner bisnis yang bisa diajak kerja sama membuka kafe. Kedua,menu makanan yang sederhana, lokal tapi tetap memikat. Ketiga, sewa tempat yang murah, syukur-syukur tempat punya sendiri. Bisa di garasi, atau halaman sendiri. Keempat, minimalisir karyawan. Jangan merekrut karyawan banyak lebih baik sedikit tapi efisien. Kelima, promosi via social media.
bisnis kafe bisnisnya anak muda
Menu boleh sama tapi rasa harus beda
Kualitas Rasa. Bisnis kafe pada dasarnya adalah bisnis jual beli makanan dan minuman, maka dari itu kualitas rasa mestilah dijaga. Banyaknya kafe yang beroperasi memungkinkan memiliki menu makanan dan minuman yang sama. Di sinilah kita mesti kreatif menciptakan rasa yang unik, nikmat sekaligus berbeda dengan kafe lain, tapi tetap dengan harga yang bersaing.

Eksterior. Meskipun interior ruangan sangat penting dalam bisnis kafe tapi jangan pernah lupakan eksterior. Jika diibaratkan buku, eksterior adalah sebuah sampulnya. Eksterior yang unik, menarik dan lain dari yang lain akan jadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk masuk. Buatlah eksterior kafe yang mampu memancing rasa penasaran orang untuk datang.


Menjalankan bisnis di usia muda ibarat memasuki hutan belantara, penuh resiko dan ketidak pastian. Hanya ada dua kemungkinan; gagal dan berhasil. Kurangnya pengalaman seringkali jadi batu sandungan awal dalam memulai bisnis, diikuti ketidakstabilan emosi layaknya anak muda pada umumnya.

Meski begitu, memulai bisnis diusia muda memberikan dampak yang sangat besar dikemudian hari jika coba dilakukan.

Punya Waktu Banyak Untuk Belajar. Jikapun gagal dalam percobaan bisnis pertama maka sebagai anak muda pastinya masih memiliki waktu yang banyak untuk terus belajar dari kegagalan. Terus menimba ilmu dalam mempersiapkan langkah selanjutnya. Beda dengan orang yang sudah berkeluarga, banyak pertimbangan ini dan itu dalam memutuskan sesuatu.

Lebih Memahami Trend dan Teknologi. Namanya juga anak muda, masalah trend dan teknologi pastilah yang terdepan jika dibandingkan orang tua. Tanpa disadari ini adalah sebuah kelebihan yang dimiliki anak muda dibanding generasi sebelumnya. Tentunya ini sangat menguntungkan dalam skema sebuah bisnis.
bisnis kafe bisnisnya anak muda
Promo melalui Sosmed sangat efektif dan murah
Memupuk Mental dan Rasa Percaya Diri. Tidak ada yang langsung jadi. Tidak ada yang langsung bisa. Setiap jiwa yang berhasil terbentuk dari tempaan waktu dan kegagalan. Memulai bisnis di usia muda akan membentuk mental yang kuat dan rasa percaya diri yang tinggi di kemudian hari.

Melatih Profesionalisme Selagi Muda. Memulai bisnis di usia muda akan mengajarkan kamu kepekaan dalam menghadapi konsumen. Memahami apa yang disukai dan tidak disukai konsumen. Berusaha meningkatkan pelayanan kepada konsumen dari waktu ke waktu.

Kesempatan Membangun Networking Terbuka Luas. Salah satu kelebihan anak muda adalah mudah bergaul, bersosialisasi dengan jangkauan yang luas. Apalagi pertemanan kian terasa erat dengan banyaknya komunitas yang bisa diikuti. Asal berdampak positif tentunya. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai pembentukan jaringan bisnis yang akan digeluti.

Setiap perjuangan butuh pengorbanan dan kesabaran. Kolaborasi antara kerja keras dan kekuatan mental akan sangat mendukung dalam proses menuju keberhasilan.

Memulai bisnis di usia muda bukan saja membuka jalan kepada kemapanan ekonomi tapi juga membuka kesempatan untuk menggali potensi diri untuk bisa lebih berarti bagi diri, keluarga, dan juga orang lain.

Selamat mencoba membuka bisnis kafe. Selamat berjuang dan pantang menyerah.

#ralalib2bmarketplace  #sumpahpemuda

 bisnis kafe bisnisnya anak muda

15 komentar:

  1. Cafe memang identik dengan anak muda. Mereka sering menghabiskan waktu nongkrong di kafe, ngopi dan mengerjakan tugas. Mungkin supaya lebih santai karena suasananya juga asyik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, kayak sampeyan ya Mas. Ngopi di cafe sekarang sudah jadi gaya hidup.

      Hapus
  2. Jadi pengin buka cafe neh sebagai anak muda

    BalasHapus
  3. bagus ulasannya. menginspirasi dan nambah wawasan mas

    BalasHapus
  4. wah tulisannya bagus. jadi minder iiihh akuuu

    BalasHapus
  5. Keren banget nih ulasannya, jadi pengen buka bisnis kafe, foto-fotonya kece nih, bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo anak muda, kita berbisnis. Saatnya anak muda jadi jutawan

      Hapus
  6. Ralali.com emang membantu banget buat para pengusaha, karena mampu menghubungkan pengusaha satu dengan yang lainya untuk transaksi grosir lebih mudah. Sebagai tukang layangan, sayapun jadi terbantu dalam menemukan partner jualan saya

    Btw kunjungan baliknya ya di artikelku ini http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/11/mudahnya-memulai-usaha-di-usia-muda.html

    Terimakasih^_^

    BalasHapus
  7. Duh, kata orang tua saya mah ngopi teh bikin cepet tua hahaha

    BalasHapus

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

WAJIB TAHU! INILAH CARA MENGETAHUI MADU YANG ASLI

Cara membedakan madu yang asli Meski madu bisa dibeli di banyak tempat, nyatanya tidak semua madu yang ditawarkan adalah madu asli. Banyak o...